Minggu, 15 Desember 2013

Cara mengembalikan IMEI yang hilang

Terkadang hal yang tidak kita harapkan dalam melakukan flashing ROM bisa terjadi seperti kehilangan IMEI ataupun invalid IMEI. Tentunya kalo ponsel/tablet kamu kehilangan IMEI kamu tidak dapat menggunakan panggilan telpon,SMS dan internet via GPRS/3G.Tutorial kali ini kami akan share cara mengembalikan IMEI yang disebabkan karena flashing STOCK ROM atau Custom ROM ataupun hal lainya.
Perhatian- Tutorial ini hanya untuk Android yang menggunakan chipset Mediatek- Untuk cara mengetahui IMEI ponsel/tablet android kamu lihat di Box atau sticker yang berada di bodynya biasanya terdapat di balik batere.
Metode 1: Dengan Menggunakan MTK Engineering
  • Masuk ke MTK Engineering dengan cara dial *#*#3646633#*#*
  • Kemudian klik “Connectivity” dan pilih CDS information selanjutnya “Radio Information
  • Berikutnya klik SIM 1 nanti muncul AT+, kamu hapus AT+ kemudian di ketik lagi AT+ nanti muncul opsi AT+ kemudian pilih AT+EGMR=1,7,”" dan masukan nomor IMEI ponsel kamu diantara spasi contohnya: AT+EGMR=1,7,”1234567890″.
  • Setelah selesai kamu masukin nomor imeinya klik “SEND AT COMMAND
  • Untuk SIM 2 sama caranya cuma pilih AT+EGMR=1,10,”"
  • Sekarang coba restart Android kamu dan cek IMEI dengan dial ke *#06#
Metode 2: Dengan Menggunakan Terminal EmulatorPastikan Android kamu sudah di ROOT untuk menggunakan metode ini:Download Terminal Emulator di Google PlayStoreKemudian jalankan aplikasi Terminal EmulatorSelanjutnya ketik:suecho ‘AT +EGMR=1,7,”masukan imei SIM 1 ponsel/tablet android”‘> /dev/pttycmd1echo ‘AT +EGMR=1,10,”masukan imei SIM 2 ponsel/tablet android”‘> /dev/pttycmd1


Metode 3: Dengan Menggunakan MTDroid ToolsPastikan Android kamu sudah diROOT dan di PC yang kamu gunakan sudah terinstall ADB Driver
  1. Download MTDRoid Tools jalankan otomatis akan filenya terextract
  2. Kemudian jalankan MTKdroidTools.exe
  3. Selanjutnya Hubungkan Android kamu ke PC via kabel USB
  4. Tunggu sampai MTK Droid Tools mendeteksi Android kamu
  5. Setelah terdeteksi semua klik “ROOT” sampai dapat “temporary have Root shell access” (ditandai dengan kotak kecil warna hijau dibawah)
  6. Berikutnya klik tombol IMEI/NVRAM nanti muncul window change imei BACKUP/RESTORE NVRAM
  7. Setelah itu masukan IMEI 1 dan IMEI 2 sesuai dengan IMEI yang tertulis di Box ponsel/tablet Android kamu.
  8. Kemudian klik Replace IMEI. nanti akan keluar popup klik “OK”
  9. Selanjutnya android kamu akan Restart
  10. Setelah hidup kembali cek IMEI android kamu dengan mengetik *#06#
  11. Untuk jaga2 backuplah IMEI dengan MTKDroid 
link mtkdroid : Sedot Yang Ini

NOTE
* Pada saat restore rom kalo ada pilihan  nvram gk usah di centang karna kalao imeinya gk cocok bisa terjadi masalah di atas
* Saya pernah ngalamin yang seperti ini dan saya pakai cara pertama berhasil tp kalo di flash ulang hilang lagi,
* Kemudian saya pakai cara yang ke 3, setelah itu di flash ulang pakai stock rom ,hasilnya imeninya tidak hilang     lagi. ALhamdulillah...

58 komentar:

  1. Thanks y gan,...it's WORK....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok invailid ya gan pas di sand atnya
      Bisa kasih solusi gak gan
      Mksh gan sebelumnya

      Hapus
    2. --->>> Connect to device <<<---
      --- ERROR : --- TotalBytesPerChunk Not Found. Set default Page/Spare=2048/64 !!!
      ATTENTION! Requests for confirmation on the device screen are possible!
      - Install busybox
      --- ERROR : file adbd not install !

      --->>> Connect to device <<<---
      --- ERROR : --- TotalBytesPerChunk Not Found. Set default Page/Spare=2048/64 !!!

      --->>> Connect to device <<<---
      --- ERROR : --- TotalBytesPerChunk Not Found. Set default Page/Spare=2048/64 !!!
      ATTENTION! Requests for confirmation on the device screen are possible!
      - Install busybox
      --- ERROR : file adbd not install !

      Hapus
  2. ane cb pke terminal emulator kok gk bs y gan??imei nya gk masuk,tetep invalid.
    trus ane cb masuk mtk engineering pas ane dial kok gk bs msuk ke mtk engineeringnya y gan??

    BalasHapus
  3. makasih gan topp banget and work 100% .. thanks

    BalasHapus
  4. met malam gam imei hh gt 5300 SAYA nULL GIMANA CARA Y N SOLUSI Y PAKE APA Y APLIKASI Y...
    TERMINAL EMUL GA WORK

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake metode lain gan ane juga blm nyoba kalo hh lain baru coba di hh lenovo

      Hapus
  5. gan udah saya klik root tapi kok kotak kecilnya gx berwana hijau ya

    BalasHapus
  6. makaasiih gaaan broo...bisaaa...alhamdulillah.. :D
    soalnya abis flash lenovo...si telkomsel gk mau detect gara2 invalid imei, pdahal 3 mau2 aja... :(
    abis imeinya masuk...sekarang detect lagii.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama gan, kalo untuk lenovo bisa gan soalnya ane dapet ilmunya juga dari grup lenovo

      Hapus
    2. Agan suksesnya pakai cara yg nomor berapa ya? Soalnya masalah agan samma dg masalah saya.Tolong infonya ya, punya saya telkomsel invalid imei,pakai kartu lain sukses.

      Hapus
  7. Permisi gan yang punya saya IMEI'y tidak tertera dibox'y n di kasing'y jga hilang.. bagmna cara untuk mengembalikan IMEI'y.. Mohon pencerahan'y... ???? terma ksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa itumah beda lagi gan, kalo mau tau IMEI agan ketik *#06#* CMIWW

      Hapus
    2. maksud si andre dia mau masukin imei nya ga bisa soalnya dus sama hologramnya udah ga ada, make cara *#06#* yg ga kedetect kan imeinya ilang zzzzzz

      Hapus
  8. Saya coba dari yang cara 1 & 2 gak bisa gan, pake cara 3 yg imei 1 cuman bisa angka gak bisa huruf.
    Mohon solusi gan?
    Hp ane andromax v

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba flash ulang hhnya terus pake cara 3

      Hapus
  9. Metode 3 kalau hp nya di hbgkan ke pc posisi hp hidup atau mati gan

    BalasHapus
  10. Gan kalok hh ane cross a66 nah pakek semua cara gak berhasil... Pakek MTK droid tool saat membukanya hh ane gak kedetek... Udah instal adb padahal gan.. Gimana nih??

    BalasHapus
  11. Berarti caranya beda buat HP agan, cara ini diperuntungkan untuk HP lenovo A390

    BalasHapus
  12. Gan kok gak ngefek..., pakai cara 3 stelah aq replace imei-nya kok nggk bisa reboot ya???

    BalasHapus
  13. gan, mau numpang shering nih
    sama pnya galaxy note 3
    problem imei ilang
    saya mengikuti metode 1 tak bisa dan 2-3 saya tak mengerti..
    bagaimana cara mudah,y ya...
    089648199323

    BalasHapus
  14. gan hp ane andromax v gan bsa jg ga gan pke cara yg ini....tolong pencerahanya dnkk

    BalasHapus
  15. smue dh buat tp x jd.. moho pencerah

    BalasHapus
  16. gmn caranya gan kalau imei null/null

    BalasHapus
  17. Klo gag mau cek impi gimana gan

    BalasHapus
  18. gan klo ane file pttycmd1 nya not found gmna nh ya gan....

    BalasHapus
  19. kalo buat lenovo a316i bisa gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, udah tak coba semua masih gagal juga

      Hapus
  20. Law hp lg optimus 4x gmna tu gan...mohon pncrhn y

    BalasHapus
  21. Gan Imei Ane Hilang Udah Ane Cari Di Terminal Emulator Not Found Itu Gimana ?

    BalasHapus
  22. gan ini ane pake cara 3 tapi setelah pencet tombol root dan kotak sudah hijau tabel IMEI/NVRAM ga keluar? mohon bantuannya

    BalasHapus
  23. Blog Mu gak Mutu mas,... Backsound mu ngganggu,.. kasian yang pakek kuota

    BalasHapus
  24. gan ane dah pke cara1 berhasil tp imei_nya invalid lagi,,, kalo cara ke3 permanen gak gan

    BalasHapus
  25. thanks gan...rapih juga nih hape ane pake metode pertama..

    BalasHapus
  26. gan gue udh coba semua masih tetp ga bisa gmn

    BalasHapus
  27. Ko saya ktik su ko izin ditolak

    BalasHapus
  28. Yg work buat andromax c2 old apa yg gan...
    Rom ny udah aq gnti tpi imei ny noll pas saya gnti dual gsm...
    Mohon penjelasan ny gan...

    BalasHapus
  29. Haii..lenovo s920 take boleh but me?

    BalasHapus
  30. Haii..lenovo s920 take boleh but me?

    BalasHapus
  31. Buat lenovo s850 kok gak work kak?

    BalasHapus
  32. punya saya tidak bisa smua 1-3 dh ane coba lenovo a369i solusi nya om?

    BalasHapus
  33. maaf gan numpang nanya aku udah berbagai cara di lenovo A390,berulang-ulang tapi tetep gakbiasa.apa mungkin hadwarenya, kalo emang iya kira2 apanya ya gak? mksh banyak gan moga sukses selalu. tlng ke bbm 548421d3

    BalasHapus
  34. Kalau ingin mengatasi seriel nunbernya yang sudah null gimana ya..

    BalasHapus
  35. matur nuwun..berhasil mas

    BalasHapus
  36. mantap mas bro, ane coba di lenovo a316i, alhasil normal lg, thanks gan ......

    BalasHapus
  37. punya ane lenovo 316i gaq work gan dah pake mtk enginer sama terminal emulator chemolepon pa ya apknya ga bisa jga
    solusi gan

    BalasHapus
  38. kalau nomor imei cuma satu gmna solusinya??

    BalasHapus
  39. kalo buat lenovo A3600-d gimana? cara diatas gak berlaku

    BalasHapus
  40. Gan mtk droidtool ane v2.4.7 kok gk ada tmbol plihan imei, tu dsebelah mn ya gan? Cos ane mau write imei mhon solusinya gan....trims

    BalasHapus
  41. Gan mtk droidtool ane v2.4.7 kok gk ada tmbol plihan imei, tu dsebelah mn ya gan? Cos ane mau write imei di lenovo a390....mhon solusinya gan....trims

    BalasHapus
  42. Gan mtk droidtool ane v2.4.7 kok gk ada tmbol plihan imei, tu dsebelah mn ya gan? Cos ane mau write imei mhon solusinya gan....trims

    BalasHapus
  43. untuk dapat trik ini, gak jadi flash ulang lenovo ane, thanks gan untuk ilmunya.

    BalasHapus